Ajaran HIDUP versi Aksara JAWA

Posted: Desember 6, 2010 in Artikel Kejawen

Ha-Na-Ca-Ra-Ka

berarti ada ” utusan ” yakni utusan hidup, berupa nafas yang berkewajibanmenyatukan jiwa dengan jasat manusia. Maksudnya ada yang mempercayakan, ada yangdipercaya dan ada yang dipercaya untuk bekerja.Ketiga unsur itu adalah Tuhan, manusia dankewajiban manusia ( sebagai ciptaan ) 

Da-Ta-Sa-Wa-La
berarti manusia setelah diciptakan sampai dengan data ” saatnya (dipanggil ) ” tidak boleh sawala ” mengelak “manusia ( dengan segala atributnya ) harusbersedia melaksanakan, menerima danmenjalankan kehendak Tuhan
Pa-Dha-Ja-Ya-Nya
berarti menyatunya zat pemberihidup ( Khalik ) dengan yang diberi hidup (makhluk ). Maksdunya padha ” sama ” atausesuai, jumbuh, cocok ” tunggal batin yangtercermin dalam perbuatan berdasarkan keluhuran dan keutamaan. Jaya itu ” menang, unggul “sungguh-sungguh dan bukan menang-menangan “sekedar menang ” atau menang tidak sportif.
Ma-Ga-Ba-Tha-Nga
berarti menerima segala yangdiperintahkan dan yang dilarang oleh Tuhan YangMaha Kuasa. Maksudnya manusia harus pasrah,sumarah pada garis kodrat, meskipun manusiadiberi hak untuk mewiradat, berusaha untukmenanggulanginya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s